Bagi kita, Teis dan Ateis bisa berkumpul, Muslim dan Kristiani bisa bercanda, Artis dan Atlit bisa bergurau, Kafirin dan Muttaqien bisa bermesraan. Tapi Pluralis dan Anti Pluralis tak bisa bertemu (Ahmad Wahib)

Minggu, 30 Oktober 2011

Perlawanan Anti PLTN Lewat Media Komik dan Kaos Oblong


Banyak aksi perlawanan untuk menolak rencana pembangunan proyek Pembangunan Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia, salah satunya lewat aksi penyadaran yang diekspresikan melalui penyebaran komik secara gratis kepada masyarakat setempat. Ide ini kemudian saya bicarakan kepada kawan-kawan saya yang memiliki kemampuan untuk menggambar dalam desain komik dan kaos oblong.


Maksud dari penyebaran komik ini tiada lain agar masyarakat di sekitar lokasi yang terkena rencana proyek PLTN dapat mengerti dampak dari PLTN yang ditimbulkan. Oleh karena itu sebaiknya komik ini ditulis dalam bahasa Jawa mengingat rencana lokasi penempatan proyek PLTN berada di daerah pegunungan Muria di dekat pantai utara pulau Jawa tepatnya di Pantai Ujung Lemahabang, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara.

Mengingat bahasa Jawa sebagai bahasa komunikasi sehari-hari dan minimnya penguasaan Bahasa Indonesia pada masyarakat di sekitar lokasi maka berangkat dari sinilah komik ini dalam setiap cerita narasi percakapannya menggunakan Bahasa Jawa agar dapat cepat mudah dimengerti. 

Jika penyebaran komik untuk didistribusikan ke kalangan penduduk yang terkena rencana proyek PLTN, sedangkan untuk penyebaran kaos oblong ini hanya didistribusikan untuk kalangan para aktivis mahasiswa yang mempunyai kepedulian terhadap masa depan lingkungan hidup tanpa nuklir.


Saya kemudian menunjuk kawan baik saya, Marto Art dan Athonk Sapto Rahardjo, yang waktu tahun 1993 masih menginjak sebagai mahasiswa Senirupa di Institut Seni Indonesia. Kawan Martho Art yang menggarap komik diberi judul Ontran-Ontran Ing Muria. Sedangkan kawan Athonk yang melakukan desain kaos oblong yang diberi judul Evolusi Nuklir. Komik dan kaos oblong dalam satu paket ini sengaja bekerjasama dengan Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Swadaya (YPPS) sebagai pihak donatur kami, yang beralamat di jalan Jend. Ahmad Yani No.99 Kudus, Jawa Tengah. Jika tidak salah YPPS adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bernaung di bawah Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI)  di Kudus, Jawa Tengah.

Kepada kawan-kawan Blogger yang kebetulan belum pernah menikmati komik Ontran-Ontran Ing Muria, silahkan hubungi saya melalui kontak yang tersedia di siniSaya akan membagikan secara gratis link download dalam bentuk file PDF kepada anda yang membutuhkan.


Salam,
Joe Hoo Gi


Print Friendly and PDF

Artikel Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *