BAGI KITA, TEIS DAN ATEIS BISA BERKUMPUL, MUSLIM DAN KRISTIANI BISA BERCANDA, ARTIS DAN ATLIT BISA BERGURAU, KAFIRIN DAN MUTTAQIN BISA BERMESRAAN. TAPI PLURALIS DAN ANTI PLURALIS TAK BISA BERTEMU (AHMAD WAHIB)

Minggu, 22 November 2015

Apakah Obbie Messakh Pemilik Nama Tong Crosbie?


Lagu Untuk Kawanku Pardi yang dinyanyikan dalam irama akustik balada oleh Tong Crosbie pada tahun 1982 merupakan salah satu lagu favorit saya ketika saya masih duduk di bangku SMP sekitar di ujung tahun 1982. Lagu Untuk Kawanku Pardi merupakan salah satu lagu yang ada dalam album kaset Tante Betty Koboi.


pardi, pardi
jangan elhu frustasi
dalam menempuh hidup ini
contohlah si hitler king
masa kecil jual koran
sudah dewasa jadi jenderal
di medan perang

pardi, pardi
jangan rendah diri
walau elhu anaknya kuli
jangan kikuk dengan sony
yang sok turun naik mercy
mobil babeh dari korupsi
dan memakai gatsby
parfum bencong taman lewong

pardi, pardi
kau harus berani
dalam menempuh hidup ini
ikutlah jejak bapak negeri
walau dia anak petani
sudah besar jadi pemimpin
bangsa sendiri

anggaplah hidup ini
kau sedang bermain sandiwara
yang dipimpin sutradara
tukang nyuntik morfin tiga cekak

asal jangan dapat lakon
seperti yang memakai dasi
perut buncit mata bintit
tukang selip tukang jepit
gajian negeri
kurang ajar (x3) jar...jar!
kurang ajar (3x) jar...jar!

pardi, pardi
jangan lupa gosok gigi
walau tanpa mandi
senyummu harus berseri
dan rambutmu harus rapi
seperti pemuda brisk masa kini




Album Tante betty Koboi merupakan lagu perdana dan sekaligus album terakhir dari Tong Crosbie. Siapa sesungguhnya Tong Crosbie? Ternyata tidak dijelaskan pada albumnya dan bahkan tidak satu pun media masssa merilis jejak rekam Tong Crosbie. Selama bertahun-tahun saya memburu perihal siapa sesungguhnya orang yang memiliki nama Tong Crosbie ini di setiap media cetak dan elektronik, alhasil saya tidak pernah menemukan jawabannya.

Ketika muncul penyanyi baru di tengah blantika musik Indonesia dengan nama Obbie Messakh yang merilis lagu-lagu pop cengeng, saya tidak begitu memperhatikan jika orang yang memiliki nama Tong Crosbie ternyata berganti nama menjadi Obbie Messakh. Bagaimana saya bisa mengetahui jika Obbie Messakh sendiri tidak pernah mengumumkan kalau sesungguhnya dia pemilik nama dari Tong Crosbie? Apa lagi konsep lagu dan liriknya pun sudah sangat berbeda jauh antara Tong Crosbie yang lebih menekankan lagu akustik baladanya yang sarat dengan kritik sosialnya dan Obbie Messakh yang lebih menekankan pada standard pop yang sarat dengan lirik cengengnya.

Tapi ketika popularitas Obbie Messakh mulai menanjak di blantika musik Indonesia dengan didukung penampilannya yang seringkali manggung di media hiburan televisi dan radio, maka barulah pada saat itu saya menaruh kecurigaan pada kesamaan pita suara antara Obbie Messakh dan Tong Crosbie. Kecurigaan saya ini akhirnya terjawab, setelah saya me-recheck membandingkan melalui kesamaan khas pita suara dan kemiripan dari kedua wajahnya, barulah pada tahun 1994 dengan lantang saya berani menebak kalau sesungguhnya Tong Crosbie tiada lain adalah nama alias dari Obbie Messakh. Padahal hingga sampai sekarang tidak ada pernyataan resmi dari Obbie Messakh kalau dirinya adalah Tong Crosbie. Browsing melalui Google yang konon disebut ‘mbah yang serba tahu’ pun tidak mampu menjawab kalau Tong Crosbie adalah nama alias dari Obbie Messakh. Semoga saja tebakan saya ini adalah benar dan tidak salah.

Saya akan membagi lagu Untuk Kawanku Pardi kepada semua pihak yang kebetulan mampir ke blog saya. Semua lagu Tong Crosbie termasuk lagu Untuk Kawanku Pardi hingga sampai sekarang belum ada satu pun dari anak bangsa yang mengunggah dan membahas lagu-lagunya. Bila anda mencoba browsing tidak akan bakalan menemukan semua lagu Tong Crosbie termasuk lagu Untuk Kawanku Pardi tersebut, jika kemudian setelah saya memposting lagu Tong Crosbie berjudul Untuk Kawanku Pardi ini lantas di kemudian kelak anda menemukan lagu Tong Crosbie berjudul Untuk Kawanku Pardi ini yang telah tersebar di berbagai website maka berarti ada pihak-pihak yang diam-diam mengunggah lagu tersebut melalui postingan saya ini, kecuali telah mencantumkan atau seijin dari saya. Untuk mendownload semua lagu Tong Crosbie dalam album kaset Tante Betty Koboi, silahkan hubungi saya melalui kontak yang tersedia di sini. Saya akan membagikan secara gratis link download dalam bentuk file mp3 kepada anda yang membutuhkan.

Harapan saya setelah anda turut mendengarkan lagu Tong Crosbie berjudul Untuk Kawanku Pardi ini, apakah tebakan anda akan sama dengan tebakan saya bahwa Tong Crosbie pelantun lagu Untuk Kawanku Pardi adalah nama alias dari Obbie Messakh? Untuk bisa menebaknya, kuncinya tentunya anda terlebih dahulu harus sudah mengenal khas pita suaranya Obbie Messakh.


Salam,
Joe Hoo Gi 
 
 
Print Friendly and PDF

Artikel Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *