Bagi kita, Teis dan Ateis bisa berkumpul, Muslim dan Kristiani bisa bercanda, Artis dan Atlit bisa bergurau, Kafirin dan Muttaqien bisa bermesraan. Tapi Pluralis dan Anti Pluralis tak bisa bertemu (Ahmad Wahib)

Rabu, 11 November 2015

Surat Cinta Anak Sekolah


Surat Cinta Anak Sekolah ini sudah acap aku dengar ketika aku masih duduk di SMU (1984). Surat Cinta Anak Sekolah begitu membekas dalam ingatanku hingga bertahun-tahun terus saja membekas sulit untuk melupakannya. Hingga tidak terasa sudah 30 tahun lagu Surat Cinta Anak Sekolah ini masih saja melekat di pikiranku.


Surat Cinta Anak Sekolah yang diciptakan dan sekaligus dilantunkan oleh Yono Slalu, salah satu personil KPJ (kelompok Penyanyi Jalanan), dalam album kaset Suminten yang beredar pada tahun 1985 merupakan kenangan saya kepada sahabat saya, Chou Li Fang

Dalam album ini Yono Slalu ditemani Anto Trisna alias Anto Baret dan Didi Kiswara. Album kaset ini sudah tidak ada di pasaran dan bahkan kalau kita search ke mesin pencari Google yang konon disebut sebagai 'Mbah Google yang serba tahu' pun ternyata tidak ada satu pun anak bangsa yang mengunggah lagu Surat Cinta Anak Sekolah

Jika kemudian setelah saya mempostingnya lantas di kemudian kelak anda menemukan Surat Cinta Anak Sekolah tersebut telah tersebar di berbagai website maka berarti ada pihak-pihak yang diam-diam mengunggahnya dari postingan saya ini, kecuali telah mencantumkan atau seijin dari saya.

Kutulis surat ini
buat teman saya
di SMA tiga ribu lima ratus
dia bekas selirnya
bapaknya sinyo
dan dulu sama-sama
alumni SD Inpres
yang minggu lalu ambruk

Dik, apa kabar?
denger-denger ujian EBTA bocor ya?
walah dik dari pada kamu ngurusi
masa depan yang ruwet-ruwet
mendingan pacaran yuk

Mengenangmu dik
aku jadi diingatkan
akan segalanya yang ada
di sekolah kita
murid-murid yang sering teler
uang iuran yang tidak tentu
transaksi nilai 
semakin membudaya

Terkadang sambil duduk di kantin
menghayalkan tingkahmu
seakan-akan aku ingin 
lebih moralis
bicara soal dekadensi moral
tertarik gejala sosial
berani menentang 
apa yang diwajarkan
tapi bisa apa
selamanya kita 
bebas menentukan
nilai sendiri

Soal duit ada babe
Soal babe ada nilai
Soal nilai ada duit
ini bukan kurang idealis
atau  just for money
toh kita terlibat didalamnya

Kita ini produk urakan
generasi didikan asal jadi
jangan bertanya
apa bagaimana
ini semua tanggungjawab
 kita bersama

Surat ini kuselesaikan di kantin
sambil foto kopi 
sejarah perjuangan
pesan buat kamu
besok mbolos yuk
tapi hati-hati lho
entar ketahuan om mu
yang kumisnya persis gagang telpon
sekian salam dari mas mu
Asbun Toha
Asal Bunyi Tolol Tapi Hangat


Saya bermaksud ingin berbagi Surat Cinta Anak Sekolah kepada anda semua yang kebetulan mampir ke blog saya, tapi saya tidak tahu apakah anda juga suka dengan lagu ini. Jika anda tidak suka maka ketidaksukaan itu adalah wajar sebab suka tidak suka adalah persoalan selera yang harus dihormati. Saya selalu belajar untuk dapat memahami perbedaan dalam keragaman.

Salam,
Joe Hoo Gi 



Print Friendly and PDF

Artikel Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *