Bagi kita, Teis dan Ateis bisa berkumpul, Muslim dan Kristiani bisa bercanda, Artis dan Atlit bisa bergurau, Kafirin dan Muttaqien bisa bermesraan. Tapi Pluralis dan Anti Pluralis tak bisa bertemu (Ahmad Wahib)

Kamis, 03 Maret 2016

Jangan Percaya Pada Penawaran Penipuan Produk Flashdisk Berkapasitas 500GB


Jika ada penawaran yang menjual produk flash USB drive (baca:flashdisk) merk apapun dengan kapasitas fantastis 500GB yang menyamai kapasitas harddisk, maka saya sarankan lebih baik urungkan niat anda untuk membelinya. 


Dari pengujian saya selama ini belum ada flashdisk yang memiliki kemampuan sebagai media penyimpanan berkapasitas fantastis 500GB yang menyamai kapasitas harddisk. Kalau pun ada produk flashdisk bermerk Lenovo yang dengan gagah berani mempromosikan flashdisk berkapasitas fantastis 500GB yang menyamai kapasitas harddisk, maka saya jamin setelah dilakukan pengujian ternyata flashdisk tersebut tidak dapat melakukan sebagai media penyimpanan sesuai kapasitas 500GB yang ada pada promosinya.

Kalau sepintas dilihat melalui PC dari properties kapasitas flashdisk berkapasitas 500GB memang tidak salah, artinya teks sudah sesuai dengan kapasitas yang dipromosikan yaitu 500GB.  Tapi sesungguhnya teks rename 500GB ini hanyalah akal-akalan produsen saja sebab properties teks rename kapasitas yang ditampilkan sudah diubah tapi tidak dibarengi dengan perubahan substansi yang ada pada kapasitasnya. Misal kapasitas yang tertulis 32GB, kemudian dengan bantuan sebuah software tertentu mampu dapat mengakali mengubah rename 32GB menjadi 500GB. Tujuannya tiada lain untuk menuai keuntungan dengan jalan menipu pada properties flashdisk. Padahal konsumen membeli bukan karena angka-angka yang tertulis di properties melainkanm kefungsiannya apakah sesuai dengan kapasitas yang dipromosikannya?

Betapa hebat akal-akalan produsen yang mengubah rename properties flashdisk, misalnya berkapasitas 32GB menjadi 500GB, tentunya banyak konsumen yang melirik untuk membelinya meskipun dengan harga yang sangat mahal (termasuk saya salah satunya yang nyaris kena tipu!). Pertimbangan konsumen membeli produk flashdisk berkapasitas fantastis 500GB dengan harga sangat mahal karena kapasitasnya sudah bisa menyamai dengan harddisk, artinya untuk apa membeli harddisk kalau flashdisk dengan bentuknya yang kecil mungil sudah bisa menyamai fungsinya dengan harddisk? Inilah awal yang terlintas ketika calon konsumen terjerat dengan iming-iming menggiurkan produk flashdisk berkapasitas fantastis 500GB.

Sejak awal dipromosikan produk flashdisk berkapasitas fantastis 500GB, saya sudah tidak percaya. Tapi untuk membuktikannya memang saya harus membeli untuk mengujinya. Agar saya tidak tertipu maka saya meminta jaminan, jika flashdisk merk Lenovo berkapasitas 500GB yang saya beli dengan harga Rp.350.000,- ternyata tidak berfungsi sesuai kapasitasnya maka barang dianggap rusak dan akan ditukar dengan yang baru. Setelah saya uji, ternyata properties kapasitas yang tertulis di flashdisk sesuai dengan yang tertera di properties PC. Mulailah saya melakukan transfer data files berkapasitas 32GB yang telah memakan waktu di atas 120 menit. Selanjutnya seusai transfer saya melihat alhasilnya menunjukkan sia-sia. Hanya beberapa files yang tersimpan, sementara sebagian besar files kosong. Flashdisk saya kembalikan ke toko, saya ditukar dengan merk dan kapasitas yang sama, alhasil tetap tidak bisa, ditukar hingga x4 tetap saja alhasil terkibul-kibul.

Konklusinya, flashdisk tetap saja flashdisk, jangan pernah berharap dan bermimpi untuk bisa menjadi harddisk. Bayangkan sebagai studi banding saja, flashdisk berkapasitas 32GB saja belum lama ini dirilis, itu pun banyak kendala rentan error dan belum lagi kendala waktu transfer data membutuhkan ekstra sabar untuk menunggunya. Bahkan perkembangan global IT untuk sekarang hanya baru bisa meluncurkan flashdisk 64GB, itu pun ukurannya lebih panjang dan beratnya lebih berbobot jika dibandingkan lazimnya dimensi dan berat flashdisk sebelumnya. Jadi kalau mendadak ada penjualan produk flashdisk dengan kapasitas fantastis 500GB maka sudah saatnya Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Kementerian Perdagangan dan Kepolisian Republik Indonesia segera melakukan penertiban sebelum banyaknya konsumen sebagai korban berjatuhan di sana-sini.

Cara akurat untuk mengetahui kapasitas yang sebenarnya pada produk flashdisk berkapasitas palsu pakailah software aplikasi H2TESTW. Jika belum memiliki softwarenya dapat mengunduhnya di siniAplikasi H2TESTW yang berukuran 213KB akan mendeteksi kapasitas flashdisk anda secara akurat yang tentunya berbeda dengan properties pada flashdisk anda. Untuk menggunakan aplikasi H2TESTW dibutuhkan ekstra kesabaran. Ketika saya melakukan pengujian H2TESTW kepada produk flashdisk merk Lenovo yang properties kapasitasnya tertulis 500GB membutuhkan waktu lebih dari 90 menit, alhasil telah membuktikan produk flashdisk merk Lenovo yang properties kapasitasnya tertulis 500GB ternyata kapasitas sebenarnya hanyalah 32GB. Anehnya hingga sampai saat ini jika Lenovo sebagai merk perusahaan besar tidak pernah mengeluarkan flashdisk berkapasitas 500GB, mengapa hingga sampai tulisan ini saya posting, Lenovo tidak melakukan klarifikasi melalui media massa?


Salam,
Joe Hoo Gi



Print Friendly and PDF

Artikel Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *