BAGI KITA, TEIS DAN ATEIS BISA BERKUMPUL, MUSLIM DAN KRISTIANI BISA BERCANDA, ARTIS DAN ATLIT BISA BERGURAU, KAFIRIN DAN MUTTAQIN BISA BERMESRAAN. TAPI PLURALIS DAN ANTI PLURALIS TAK BISA BERTEMU (AHMAD WAHIB)

Jumat, 06 Mei 2016

Tips Solusi Mengatasi Kendala USB Device Not Recognized


Anda sebagai pengguna komputer pasti pernah mengalami kendala ketika ingin mengkoneksikan perangkat USB ke port USB di komputer ternyata port USB pada komputer tidak dapat mendeteksinya. Pada komputer berbasis Windows tertulis pesan USB Device Not Recognized bilamana port USB tidak dapat mendeteksi koneksi perangkat USB.


Bagaimana solusi untuk mengatasi kendala ketika port USB pada komputer yang anda pakai tidak dapat mendeteksi koneksi perangkat USB yang ujung-ujungnya anda menerima pesan USB Device Not Recognized ? Tapi sebelum anda melakukan tips solusinya, terlebih dahulu anda sudah memahami bahwa USB Device Not Recognized memiliki pengertian bahwa perangkat USB yang anda koneksikan ke port USB pada komputer yang anda pakai tidak dapat terbaca dengan baik. Jika anda sudah tahu kendala yang terjadi, maka barulah anda bertanya, apa yang menjadi penyebab tidak dapat terbacanya perangkat USB ketika dikoneksikan ke port USB di komputer? Dari pertanyaan ini barulah anda melakukan tips solusi untuk mencari penyebabnya.

Ada beberapa yang menjadi penyebab kendala komputer tidak dapat mendeteksi perangkat USB ketika dikoneksikan ke port USB. Berbagai kemungkinan bisa menyebabkan USB Device Not Recognized. Kemungkinan yang terpahit, perangkat USB mengalami kerusakan. Tapi kemungkinan terpahit ini sebagai diagnosa terakhir ketika beberapa tips solusi tidak dapat mengatasinya. Dari pengalaman yang pernah saya alami sebagai tips solusi untuk mengatasi kendala USB Device Not Recognized, antara lain sebagai berikut:

1. Restart komputer yang anda pakai. Kadang untuk mengatasi USB Device Not Recognized dapat diatasi dengan melakukan restart pada komputer. Jika kendala masih sama, maka lakukan langkah tips solusi yang kedua.

2. Pastikan apakah perangkat USB yang anda koneksikan ke port USB sudah suport dengan komputer anda sehingga tidak membutuhkan software driver untuk menginstalnya? Ataukah sebaliknya perangkat USB yang anda koneksikan ke port USB wajib membutuhkan software driver yang wajib diinstalkan ke komputer yang anda pakai? Misal perangkat USB pada printer biasanya membutuhkan driver software agar perangkat USB dapat dikenal oleh komputer. Untuk memastikannya, coba masuk Device Manager pada komputer anda. Jika di Device Manager anda menemukan sebuah perangkat yang tidak dikenal (Unknown Device), maka berarti perangkat USB anda harus diinstal terlebih dahulu.   


Tapi bila di Device Manager > Universal Serial Bus Controllers anda menemukan pesan  Unknown USB Device (Port Reset Failed), maka berarti instalan pada driver software pada perangkat USB yang anda pakai membutuhkan reinstal atau instal ulang.  


Jika di Device Manager perangkat USB anda putus-sambung yaitu gejala tidak terdeteksinya dan terdeteksinya yang sesaat dan begitulah seterusnya, maka lakukan langkah tips solusi yang ketiga.

3. Port USB pada komputer yang acapkali dipakai berulangkali pasti mengalami kelonggaran. Longgarnya port USB inilah yang menjadi penyebab perangkat USB yang kebetulan tidak pas pada koneksinya akan mengalami USB Device Not Recognized. Jika kendala ini yang terjadi, maka tekanlah ujung perangkat USB memakai ibu jari dan jari telunjuk anda, kemudian koneksikan kembali perangkat USB ke port USB. Jika upaya yang anda lakukan tetap mengalami kendala yang sama maka mencobalah mengkoneksikan perangkat USB ke port USB yang lain. Jika kendala masih sama, maka lakukan langkah tips solusi yang keempat.

4. Bilamana perangkat USB yang anda pakai dihubungkan ke kabel data USB, mencobalah mengganti kabel data USB yang lain, siapa tahu serat kawat yang ada dalam kabel data USB ada yang putus. Tapi jika setelah mengganti kabel data USB masih mengalami kendala yang sama, maka mencobalah mencari perangkat USB yang lain sebagai uji coba siapa tahu perangkat USB anda memang mengalami permasalahan.

Konklusinya dari keempat langkah tutorial solusi tersebut di atas setidaknya anda dapat memberikan kepastian jawaban sendiri untuk menjawab kendala USB Device Not Recognized pada perangkat USB anda. Upaya repair pada kendala USB Device Not Recognized pasti membutuhkan salah satu solusi di antara keempat langkah tutorial solusi tersebut di atas. Demikianlah beberapa langkah tips tutorial solusi yang dapat saya berikan kepada anda untuk membebaskan kerumitan anda dari kendala USB Device Not Recognized pada perangkat USB anda.

Salam,
Joe Hoo Gi



Print Friendly and PDF

Artikel Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *