BAGI KITA, TEIS DAN ATEIS BISA BERKUMPUL, MUSLIM DAN KRISTIANI BISA BERCANDA, ARTIS DAN ATLIT BISA BERGURAU, KAFIRIN DAN MUTTAQIN BISA BERMESRAAN. TAPI PLURALIS DAN ANTI PLURALIS TAK BISA BERTEMU (AHMAD WAHIB)

Sabtu, 06 Agustus 2016

Hakim Itu Manusia Atau Tuhan?



Seorang kawan bertanya kepada saya: 
"Apakah kamu setuju hukuman mati?" 

Saya lantas balik bertanya:
"Siapa yang menentukan Takdir hidup mati manusia?" 

Kawanku dengan tegas menjawab,
"Tuhan!"



Saya kemudian bertanya kembali:
"Siapa yang menjatuhkan hukuman mati?"

Kawanku dengan tegas menjawab:
"Hakim!"

Saya bertanya untuk ketiga kali:
"Hakim itu manusia atau Tuhan?"

Kawanku dengan tegas menjawab:
"Manusia!"

Saya bertanya untuk terakhir kali:
"Kalau begitu dapatkah hakim 
yang notabene manusia bukan Tuhan 
menentukan Takdir hidup mati manusia 
melalui hukuman mati?"

Kawanku dengan tegas menjawab,
"Tidak!"

Kalau begitu kamu sendiri 
yang telah menjawab 
dari pertanyaanmu sendiri 
sementara aku yang kamu harapkan 
untuk menjawab atas pertanyaanmu 
justru hanya bertanya kepadamu.



Salam,
Joe Hoo Gi



Print Friendly and PDF

Artikel Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *