BAGI KITA, TEIS DAN ATEIS BISA BERKUMPUL, MUSLIM DAN KRISTIANI BISA BERCANDA, ARTIS DAN ATLIT BISA BERGURAU, KAFIRIN DAN MUTTAQIN BISA BERMESRAAN. TAPI PLURALIS DAN ANTI PLURALIS TAK BISA BERTEMU (AHMAD WAHIB)

Jumat, 07 Oktober 2016

Beberapa Alternatif Mengatasi Aplikasi Has Stopped Working Di Windows


Setiap user yang memakai OS Windows pada komputernya pasti pernah mengalami kendala yang dihadapi pada salah satu atau beberapa aplikasinya mendadak tidak dapat atau berhenti bekerja yang ditandai dengan munculnya pesan ...has stopped working padahal sebelumnya aplikasinya baik-baik saja.


Faktor yang menjadi penyebab aplikasi yang mendadak berhenti bekerja yang sebelumnya aplikasi tersebut tidak pernah mengalami kendala? Jawabnya tiada lain salah satu file registry pada Windows mengalami corrupt yang diakibatkan virus. 

Jika file sudah mengalami corrupt yang diakibatkan virus, maka jika kemudian diatasi dengan anti virus, boleh jadi virusnya dapat diattack dan dikarantina, tapi file yang sudah terlanjur corrupt tidak bisa direpair dengan anti virus.

Lantas upaya apa yang harus kita kerjakan untuk merepair file yang corrupt? Cilakanya lagi bagaimana kita dapat merepair file yang kita anggap mengalami corrupt jika kita tidak tahu di mana letak file yang kita anggap mengalami corrupt? Meski kita tidak mengetahui di mana letak file yang kita anggap mengalami corrupt, tapi dengan kita mengenal kendala yang bakal akan terjadi pada komputer kita yang sebelumnya tidak pernah mengalami kendala, maka kendala inilah yang sesungguhnya dapat menjadi acuan kita untuk merepair dari kendala tersebut.

Misal, sebelumnya PC kita baik-baik saja menjalankan aplikasi Bluestack, tapi setelah kita sering browsing tanpa bekal anti virus yang ter up-date, setelah kita menjalankan kembali aplikasi Blustack mendadak aplikasi tersebut mengalami error alias ...has stopped workingKendala error yang ditandai dengan pesan ...has stopped working inilah yang saya maksud bahwa kita sudah tahu bahwa ...has stopped working adalah kendala yang sedang kita hadapi, lantas jika kita ingin melakukan repair berarti bagaimana cara agar aplikasi Bluestack dapat bekerja kembali.

Kendala ...has stopped working inilah yang akan kita atasi tanpa kita harus tahu file di bagian manakah yang mengalami corrupt. Sebab ketika kita sudah mengatasi kendala ...has stopped working berarti secara otomatis file yang corrupt yang menjadi penyebab ...has stopped working sudah pula dapat kita atasi.

Banyak alternatif untuk mengatasi aplikasi di Windows yang mengalami ...has stopped working. Dari sekian banyak alternatif, saya sendiri tidak tahu alternatif yang mana nanti dapat atau cocok untuk mengatasi kendala...has stopped working. Saran saya cobalah satu persatu alternatif yang saya tawarkan sebab di antara salah satu alternatif tersebut pasti ada yang cocok. Jika salah satu alternatif sudah cocok atau sudah dapat mengatasi kendala ...has stopped working, maka tidak perlu mencoba alternatif yang lain. 

Alternatif Pertama:

Lakukan segera scan anti virus secara total pada PC yang sudah terinfeksi virus. Silahkan memakai anti virus apa saja yang penting anti virusnya sudah ter up-date. Saran saya pakailah anti virus yang tidak hanya bisa merentas virus, tapi juga bisa merepair file yang corrupt akibat terinfeksi virus, termasuk juga dapat merentas malware dan spyware. Scanning anti virus harus dilakukan secara mendalam sehingga memang membutuhkan waktu yang lama, tunggulah hingga selesai. Setelah itu restart PC anda. Kemudian cobalah aplikasi yang tadi ke luar pesan ...has stopped working. Jika hasilnya tidak ada kendala lagi, maka kendala anda cukup selesai dengan alternatif pertama. Tapi bila kendala masih sama, maka beralihlah ke alternatif kedua.

Alternatif Kedua:

Lakukan pembersihan pada files registry yang terlanjur corrupt akibat telah dirusak oleh virus dengan menggunakan software registry cleaner scan seperti CC Cleaner, Auslogics Registry Cleaner, Glary Utilites dan masih banyak yang lain, terserah registry cleaner scan yang manakah menjadi pilihan smart  andaRestart PC anda setelah anda merasa sudah melakukan registry cleaner scan. Kemudian cobalah aplikasi yang tadi ke luar pesan ...has stopped working. Jika hasilnya tidak ada kendala lagi, maka kendala anda cukup selesai dengan alternatif kedua. Tapi bila kendala masih sama, maka beralihlah ke alternatif ketiga.

Alternatif Ketiga:

Masuk ke Comand Prompt atau CMD melalui Run as administrator dengan cara klik kanan. Ingat jangan langsung main klik kiri pada CMD, melainkan klik kanan lantas klik kiri Run as administrator. Setelah itu ketik perintah sfc/scannow lantas tekan enter. Tunggu hasilnya sampai 100%. Setelah itu restart PC anda. Kemudian cobalah aplikasi yang tadi ke luar pesan ...has stopped working. Jika hasilnya tidak ada kendala lagi, maka kendala anda cukup selesai dengan alternatif ketiga. Tapi bila kendala masih sama, maka beralihlah ke alternatif keempat.

Alternatif Keempat

Masuk ke Start, pada menu search ketik perintah run lantas ketik perintah gpedit.msc >enter. Kemudian klik Computer Configuration > Administrative Templates > System > Internet Communication Management > Internet Communication Settings > Turn off Windows Customer Experience Improvement Program. Kemudian klik kanan pilih edit. Pilih Enabled > Apply > OKSetelah itu restart PC anda. Kemudian cobalah aplikasi yang tadi ke luar pesan ...has stopped working. Jika hasilnya tidak ada kendala lagi, maka kendala anda cukup selesai dengan alternatif keempat. Tapi bila kendala masih sama, maka beralihlah ke alternatif kelima.

Alternatif Kelima:

Klik kanan My Computer > Properties > Advanced system settings. Kemudian pilih Performance klik Settings > Data Execution Prevention. Kemudian centang Turn on DEP for all programs and services except those I select > Add. Cari aplikasi yang berformat exe yang anda anggap mengalami ...has stopped working. Kemudian klik OK. Setelah itu restart PC anda. Kemudian cobalah aplikasi yang tadi ke luar pesan ...has stopped working. Jika hasilnya tidak ada kendala lagi, maka kendala anda cukup selesai dengan alternatif kelima.Tapi bila kendala masih sama, maka beralihlah ke alternatif keenam.

Alternatif Keenam:

Biasanya dengan salah satu dari kelima alternatif di atas sudah dapat mengatasi kendala ...has stopped working. Tapi jika misalnya hal terpahit setelah anda mencoba dari salah satu dari kelima alternatif tersebut di atas ternyata tidak dapat mengatasi kendala  ...has stopped working yang anda hadapi, maka mau tidak mau anda wajib mencoba ke alternatif keenam sebagai alternatif final. Saran saya alternatif keenam ini hanya ditempuh bilamana tidak ada jalan lain lagi setelah kelima alternatif tersebut di atas sudah anda coba yang ternyata hasilnya mengalami kegagalan. Anda harus melakukan uninstall secara total terhadap aplikasi yang mengalami kendala ...has stopped working. Tips terpenting yang wajib diketahui hindari atau jangan melakukan uninstaller bawaan dari Windows sebab memang tidak terbukti dapat melakukan pencopotan atau penghapusan secara total hingga seakar-akarnya kepada aplikasi yang hendak kita copot. Pakailah aplikasi Uninstaller d luar Windows, misalnya Revo Uninstaller, IObit Uinstaller, Smarty Uninstaller, Perfect  Uninstaller, Your Uninstaller, Wise Program Uninstaller, Geek Uninstaller dan masih banyak yang lain, terserah Uninstalller yang manakah menjadi pilihan smart  anda. Setelah anda melakukan uninstall terhadap aplikasi yang mengalami kendala ...has stopped working, lantas restart PC anda. Kemudian lakukan reinstall. Secara empiris, saya jamin aplikasi tersebut tidak lagi memiliki kendala ...has stopped working.



Salam,

Joe Hoo Gi




Print Friendly and PDF

Artikel Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *