Mengatasi Komputer Reboot Terus Menerus

· | JOE HOO GI | 20/10/2016
Mengatasi Komputer Reboot Terus MenerusSolusi mengatasi komputer yang mengalami reboot terus menerus selain disebabkan aplikasi Deep Freeze yang mengalami crash, bisa juga disebabkan virus yang merusak registry komputer menjadi corrupt

JOEHOOGI.COM - Saya diajak untuk memeperbaiki komputer milik kawannya kawanku yang kendalanya ketika komputer dihidupkan lantas saat memasuki loading atau starting Windows mendadak komputer mengalami reboot sendiri dan begitulah seterusnya reboot secara terus menerus tiada pernah kapan berakhirnya.

Kemudian dia menceritakan riwayat kendala dari komputernya yang mengalami reboot terus menerus. Sebelumnya komputernya memang baik-baik saja, lantas ketika aplikasi Deep Freeze diaktifkan, dan ketika komputer meminta restart, maka saat itulah kendala mulai terjadi. Setiap selesai Starting Windows, mendadak komputer meminta restart dan begitulah seterusnya reboot terus menerus.

Jika demikian riwayat kendalanya, maka penyebabnya tiada lain telah terjadi crash antara program komputer yang meminta restart dengan aplikasi Deep Freeze ketika diaktifkan. Upaya solusinya harus diupayakan untuk menonaktifkan kembali aplikasi Deep Freeze.

Ketika komputer meminta restart tekanlah berkali-kali tombol keyboard F8 hingga sampai keluar tampilan menu Advanced Boot Options. Lantas pilih Last Known Good Configuration. Lihat perkembangan yang terjadi, komputer dapat memasuki Windows kembali.

Setelah komputer memasuki Windows, nonaktifkan kembali aplikasi Deep Freeze. Kemudian komputer akan meminta restart kembali. Jika kemudian setelah restart, komputer tidak melakukan reboot, maka berarti Windows sudah normal kembali. Coba aktifkan kembali Deep Freeze. Lihat apakah kendala reboot sudah berakhir? Saya yakin kendala reboot sudah berakhir.

Solusi di atas hanya berlaku untuk kendala komputer yang mengalami reboot terus menerus yang disebabkan oleh pemasangan aplikasi Deep Freeze. Tapi jika kendala reboot disebabkan di luar pemasangan aplikasi Deep Freeze, maka setelah Anda melakukan pilihan ke Last Known Good Configuration untuk masuk ke Windows, segera lakukan scan anti virus/malware yang ter update, kemudian scan komputer Anda dengan aplikasi yang dapat memperbaiki registry komputer yang corrupt. Setelah Anda melakukan perbaikan sesuai saran yang saya berikan, maka cobalah restart kembali komputer Anda, lihatlah hasilnya kemudian.

Tentunya kebenaran yang saya alami ini berdasarkan dari empirik yang saya alami sendiri dan tentunya dalam kasus kendala kerusakan yang sama belum tentu upaya repair yang saya kerjakan ini dapat mengatasinya. 

Oleh karena jika ada kawan-kawan yang kebetulan pernah mengalami kendala kerusakan pada komputernya yang reboot terus menerus tapi kenyataannya tidak dapat teratasi lewat upaya repair yang saya ajukan tersebut di atas, maka dapat membagi cerita kepada saya pada kolom komentar di bawah agar tentunya saya juga dapat turun rembuk untuk turut mengatasinya.
Follow JOE HOO GI







Baca Lainnya

    Artikel Terkait